Translate this blog

ETS - Manajemen Proyek

Pertanyaan

  1. Apa yang dimaksud dengan manajemen proyek PL. Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi apa saja?

  2. Berdasarkan video di atas, deskripsikan kegunaan aplikasi dan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi

  3. Jika anda diminta mendevelop ulang, berapa lama mampu menyelesaikan? Selanjutnya tuliskan KAK dari aplikasi supaya memenuhi kebutuhan dari pengguna perangkat lunak

  4. Untuk mewujudkan perangkat lunak tersebut tentukan aktivitas yang harus dilakukan, kemudian buatlah WBS nya

  5. Buatlah Penjadwalan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

 

Jawaban 

  1. Manajemen proyek PL merupakan suatu kegiatan merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan sumber daya organisasi dalam jangka waktu tertentu dengan sumber daya tertentu dalam memenuhi tujuan berkenaan dengan PL. Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi penentuan waktu mulai proyek, perencanaan lingkup proyek yang akan dilaksanakan, penentuan ruang lingkup proyek, serta verifikasi proyek dan kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek dimulai.

  2.  Si Apik (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) merupakan aplikasi keluaran Bank Indonesia, dibuat untuk memudahkan para pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam menyusun laporan keuangannya karena menawarkan pencatatan keuangan yang mudah, cepat, dan berbasis android.
    Fitur-fitur yang disediakan oleh Si Apik adalah jurnal penerimaan dan pengeluaran kas, buku besar, neraca, laporan laba rugi, fitur database, backup dan restore database, dan pengaturan pengguna.

  3. Jika mendevelop ulang, kemungkinan dapat diselesaikan dalam waktu 4 bulan. Berikut adalah KAK dari aplikasi:




        4. Aktivitas yang harus dilakukan:

            1. Perencanaan Pelaksanaan Proyek

                1.1 Mengumpulkan data dan mendefinisikan kebutuhan pengguna.

                1.2 Mendefinisikan scope dari sistem aplikasi.

                1.3 Melakukan persetujuan perjanjian kontrak dengan client.

            2. Implementasi Pembuatan Aplikasi

                2.1 Membentuk tim dan mengumpulkan tenaga ahli.

                2.2 Pelaksanaan pembuatan sistem aplikasi.

                2.3 Review dari proses pembuatan aplikasi.

            3. Instalasi Server

                3.1 Memilih dan mengecek jaringan untuk instalasi server.

                3.2 Melakukan konfigurasi terhadap jaringan server.

                3.3 Menghubungkan aplikasi  ke server.

            4. Pengaturan data

                4.1 Membuat database baru untuk sistem.

                4.2 Memasukkan data  yang diperlukan pada database.

            5. Uji coba penerimaan

                5.1 Uji coba sistem.

                5.2 Uji coba aplikasi oleh stakeholder dan user.

                5.3 Melakukan perbaikan.

                5.4 Melakukan penyempurnaan sistem.

            6. Pendampingan

               6.1 Pendampingan kepada user.

               6.2 Monitoring.

            7. Transfer of Knowledge

               7.1 Pemaparan prosedur instalasi serta konfigurasi aplikasi kepada stake holder.

               7.2 Pemaparan prosedur penggunaan aplikasi kepada user.

               7.3 Pelatihan pengelolaan database kepada stakeholder.

               7.4  Pelatihan penggunaan aplikasi pada user.

          Work Breakdown Structure (WBS):




       5. Penjadwalan Proyek:


Komentar